Minggu, 09 Desember 2012

Software Geometer's Sketchpad

Geometer's Sketchpad adalah software matematika dinamis yang dapat digunakan untuk mempelajari geometri, aljabar, kalkulus, dan lain sebagainya.
Berikut ini adalah berbagai tool yang dapat digunakan dalam Geometer's Sketchpad :
Apa yang perlu sebelum mengkonstruksi...?
Apa yang dilakukan sebelum mengukur...?


A. Segitiga
Buat segmen garis dengan menggunakan Line Segment Tool sehingga membentuk segitiga seperti berikut. Untuk memberikan label pada sudut klik Text Toollalu klik pada sudut yang ingin diberi label.
Untuk mengetahui panjang garis AB, klik kanan pada segmen garis AB, lalu pilih Measure >> Length. Begitu juga pada segmen garis lainnya sehingga didapatkan panjang setiap garis sebagai berikut.
Untuk mengetahui gradien setiap sisi pada segitiga tersebut, klik kanan pada segmen garis , lalu pilih Measure >> Slope.

B. Lingkaran

Buat lingkaran dengan menggunakan Circle Toolsehingga membentuk lingkaran seperti berikut. Untuk memberikan label klik kanan pada titik, lalu pilih Display >> Show Label.
Untuk mengetahui keliling, luas, dan jari-jari lingkaran klik Measure >> Circumference, Area, Radius. Untuk membuat hasil dalam bentuk tabel, pilih semua perhitungan yang akan ditabelkan lalu klik Graph >> Tabulate. Tabel akan muncul seperti berikut.

C. Persegi
Buat segmen garis seperti berikut.
Klik dua kali ujung kiri segmen yang menandakan sebagai pusat rotasi. Klik segmen garis yang tadi dibuat, lalu klik transform >> rotate, pilih rotasi +900.
Klik dua kali ujung kanan segmen yang menandakan sebagai pusat rotasi. Klik segmen garis semula, lalu klik transform >> rotate, pilih rotasi -900.

Gunakan Line Segment Tool untuk membuat sisi yang terakhir.
Untuk memberikan label, klik kanan pada titik sudut, lalu pilih Display >> Show Label.
Untuk mengetahui panjang dari setiap sisinya, klik kanan pada sisi, lalu pilih Measure >> Length.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates