Wingeom merupakan sebuah perangkat lunak komputer matematika dinamik (dynamic mathematics software) yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran geometri. Software ini dapat digunakan untuk menggambar obyek-obyek geometri, yang berupa titik, garis, bidang, baik dalam geometri 2 dimensi maupun 3 dimensi. Dari sekian banyak fungsi wingeom, kali ini kita akan membahas tentang kubus.
1. Membuat Kubus
Software Wingeom menyediakan menu untuk menyajikan berbagai bentuk bangun ruang, seperti kubus, balok, prisma, dll. Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat kubus adalah sebagai berikut :
- Buka program Wingeom
- Klik Window >> 3-dim, sehingga muncul jendela wg.3
- Klik Units >> Polyhedral >> Box
- Isilah sub menu rectangular box yang menyatakan panjang
rusuk yang kita inginkan. Misalnya length, width, dan height
kita isi dengan 4.
- Klik Window >> 3-dim, sehingga muncul jendela wg.3
- Klik Units >> Polyhedral >> Box
- Isilah sub menu rectangular box yang menyatakan panjang
rusuk yang kita inginkan. Misalnya length, width, dan height
kita isi dengan 4.
- Untuk menampilkan kubus transparan klik View >>
Display >> Dot hidden lines dan akan muncul tampilan
kubus seperti berikut.
- Jika label titik sudut (A, B, C, D, E, F, G, H) belum muncul,
dapat dimunculkan dengan mengklik View >> Labels >>
sudut pandang. Gerakkan gambar dengan menggunakan
tombol anak panah ke atas, bawah, kanan, dan kiri pada
keyboard.
- Untuk memperbesar tampilan kubus tekan tombol PgUp
dan untuk memperkecil tekan tombol PgDn atau gunakan
menu View untuk mengubah-ubah tampilan.
- Jika kita ingin tampilan kubus yang berwarna, sebelumnya
pastikan dulu sub menu Covexity assumed dari menu View
telah diaktifkan (diberi tanda ceklis). Kemudian klik View
>> Display >> Painted, lalu klik Edit >> Linear elements
sehingga muncul jendela edit linear items. Selanjutnya klik
color >> warna yang diinginkan pada jendela face color.
Maka tampilan kubus menjadi seperti berikut.
Display >> Dot hidden lines dan akan muncul tampilan
kubus seperti berikut.
- Jika label titik sudut (A, B, C, D, E, F, G, H) belum muncul,
dapat dimunculkan dengan mengklik View >> Labels >>
Letter on/off. Modifkasi font untuk label : klik View >>
Labels >> Font. Modifkasi warna label : klik View >>
Labels >> Color.
- Tampilan model kubus tersebut dapat diamati dari berbagaisudut pandang. Gerakkan gambar dengan menggunakan
tombol anak panah ke atas, bawah, kanan, dan kiri pada
keyboard.
- Untuk memperbesar tampilan kubus tekan tombol PgUp
dan untuk memperkecil tekan tombol PgDn atau gunakan
menu View untuk mengubah-ubah tampilan.
- Jika kita ingin tampilan kubus yang berwarna, sebelumnya
pastikan dulu sub menu Covexity assumed dari menu View
telah diaktifkan (diberi tanda ceklis). Kemudian klik View
>> Display >> Painted, lalu klik Edit >> Linear elements
sehingga muncul jendela edit linear items. Selanjutnya klik
color >> warna yang diinginkan pada jendela face color.
Maka tampilan kubus menjadi seperti berikut.
- Gambar-gambar yang dihasilkan dari program Wingeom
dapat dipindahkan ke Microsoft Word yaitu dengan meng-
klik File >> Copy to clipboard.
2. Menggambar Diagonal-Diagonal Pada Kubus
- Untuk membuat diagonal sisi : klik Linear → segment or
face sehingga muncul jendela new linear elements, ketik
nama ruas garis baru yang akan kita buat misalnya CH,
lalu klik Ok.
- Untuk membuat diagonal ruang : sama seperti membuat
diagonal sisi, yaitu klik Linear → segment or face sehingga
3.Menentukan Volume dan Luas Permukaan Kubus
- Untuk mengetahui volume kubus klik Other → Volume, isi
- Untuk membuat diagonal ruang : sama seperti membuat
diagonal sisi, yaitu klik Linear → segment or face sehingga
muncul jendela new linear elements, ketik nama ruas garis
baru yang akan kita buat misalnya CH, lalu klik Ok.
- Untuk membuat bidang diagonal : klik Linear >> segment
or face sehingga muncul jendela new linear elements, ketik
nama bidang baru yang akan dibuat untuk menunjukkan
bidang diagonal pada kubus, misalnya BDHF, lalu klik Ok.
- Warnai rusuk pada bidang diagonal dengan cara mengklik
View >> Highlight segments lalu muncul jendela highlight
segments. Selanjutnya klik color >> warna yang diinginkan
>> add.
- Untuk membuat bidang diagonal : klik Linear >> segment
or face sehingga muncul jendela new linear elements, ketik
nama bidang baru yang akan dibuat untuk menunjukkan
bidang diagonal pada kubus, misalnya BDHF, lalu klik Ok.
- Warnai rusuk pada bidang diagonal dengan cara mengklik
View >> Highlight segments lalu muncul jendela highlight
segments. Selanjutnya klik color >> warna yang diinginkan
>> add.
3.Menentukan Volume dan Luas Permukaan Kubus
- Untuk mengetahui volume kubus klik Other → Volume, isi
kotak edit dengan nama kubus yang akan dihitung volume-
- Untuk menentukan luas permukaan kubus klik Meas, isi
kotak edit dengan 6AB^2, lalu tekan enter dan akan dapat
hasil dari luas permukaan kubus sebagai berikut.

0 komentar:
Posting Komentar