Peringkas
- NIM
Rif’atul
Musyarrofah Fauziah – 1001125152
Tanggal
30
September 2012
Topik
Pembelajaran
Matematika Menggunakan Software
PERANCANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN SOFTWARE DELPHI DAN POWER POINT PADA POKOK
BAHASAN LINGKARAN
Ali
Murtadlo
Abstrak
Siswa dan guru pada umumnya memiliki
beberapa kesulitan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Penulis memandang diperlukan
suatu media pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Ketidak jelasan
materi yang diajarkan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai
perantara. Komputer adalah salah satu media yang interaktif, dimana siswa
memiliki kesempatan untuk berinteraksi, sehingga diperlukan suatu program media
pembelajaran matematika berbantuan komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah
membuat suatu program dengan menggunakan Power Point dan Delphi yang dapat
digunakan untuk menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan lingkaran.
Penggunaan gambar dan animasi dari Software Power Point dibuat suatu media
pembelajaran matematika yang komunikatif dan menarik, serta pemanfaatan
software Delphi dibuat program untuk menentukan solusi dari soal yang berkaitan
dengan lingkaran. Diharapkan media ini dapat meringankan beban siswa dalam
belajar lingkaran. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, yang ditindak
lanjuti dengan perancangan program. Kemudian pengujian program dilakukan dengan
wawancara untuk mengetahui performance program dan kesahihan program. Hasil
dari penelitian ini adalah media pembelajaran komputer yang dapat digunakan
siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran. Bagi siswa dapat belajar lebih
mandiri, dan bagi guru sebagai salah satu variasi metode pembeljaran
matematika.
1. Latar Belakang
Disadari
atau tidak, matematika telah memegang peranan yang sangat penting dalam
kehidupan. Selain matematika merupakan satu pelajaran penting, matematika dimata
para siswa dianggap sebagai satu mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari dan
dianggap sebagai pelajaran yang membosankan. Salah satu faktor yang menyebabkan
hal itu terjadi, karena penyampaian materi pelajaran yang kurang menarik dan
bervariasi sehingga siswa merasa jenuh.
Salah
satu cara untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menghadirkan media
pembelajaran. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang berkembang
pesat, guru memiliki banyak alternativ pilihan media pembelajaran, salah
satunya yaitu media pembelajaran berbantuan komputer.
Ada
banyak pilihan program-program komputer yang dapat digunakan sebagai alat bantu
mengajar. Program-program aplikasi yang biasa dipergunakan diantaranya program
pengolah kata seperti Ms Word, program pengolah angka seperti Ms Excel atau
program untuk presentasi seperti Ms Power Point. Selain program-program
tersebut, yang biasanya selalu tersedia dalam setiap komputer, ada satu program
yang menarik untuk dijadikan sebagai alat bantu mengajar yaitu Delphi.
Software
Delphi merupakan pengembangan dari Pascal atau Turbo Pascal, Delphi merupakan
program aplikasi database berbasis Windows yang dikembangkan oleh Borland.
Kelebihan-kelebihan Delphi antara lain memiliki kemampuan seperti kompilasi
yang cepat, dukungan terhadap database yang sangat baik, dan sangat dekat
sekali dengan pemrograman windows beserta teknologi komponen-komponennya.
Delphi juga mempunyai kemampuan menggunakan bahasa SQL yang merupakan bahasa
query yang andal. Kelebihan-kelebihan tersebut yang menjadi salah satu alasan
peneliti memanfaatkan program Delphi guna merancang media pembelajaran
matematika pada penelitian ini.
2. Subyek dan Metode
Penelitian
ini dilakukan pada siswa kelas VIII semester genap dan guru matematika MTS AZIZ
Kluwan, Penawangan – Grobogan tahun pelajaran 2007/2008. Dalam hal ini
bertindak sebagai subyek penelitian yang mana dari siswa dan guru tersebut
kitra akan mendapatkan data yang akan diolah menjadi sebuah kesimpulan,
beberapa siswa dan guru matematika kelas VIII akan dimintai pendapatnya
mengenai media pembelajaran berbasis komputer. Sedangkan peneliti dalam hal ini
bertindak sebagi pewawancara.
Peneliti
dalam penelitian ini menggunakan wawancara untuk memperoleh informasi dengan
mengajukan kepada informan, dimana pertanyaan-pertanyaan tersebut telah
disiapkan san dibuatkan kerangka secara sistematis. Pertanyaan dapat berkembang
sesuai dengan kebutuhan data, sehingga dapat menggali informasi secara mendalam
dan obyektif. Teknik ini ditujukan untuk memperoleh informasi yang berkaitan
dengan pendapat guru mengenai media pembelajaran matematika berbantuan
komputer.
3. Hasil
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapat beberapa hasil analisis adalah sebagai berikut:
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapat beberapa hasil analisis adalah sebagai berikut:
a. Substansi materi pelajaran yang ada pada program
Sudah cukup baik karena
sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
b. Kedalam materi dalam program
Materi yang ada dalam
program disampaikan dengan jelas dan ringkas.
c. Pesan/isi untuk menanamkan konsep kepada siswa
Menurut
pendapat guru yang diwawancarai, pesan/isi program media pembelajaran tersebut
secara umum sudah cukup jelas, tetapi pada bagian tertentu perlu adanya
penjelasan tambahan oleh guru kepada siswa. Misalnya pada soal cerita yang
berkaitan dengan materi lingkaran.
d. Pengoprasian dan editing
Pengoprasian
program cukup mudah tetapi bagi yang kurang menguasai komputer maka akan
mengalami kesulitan jika harus melakukan editing.
e. Kejelasan teks, gambar
Teks
yang ada dalam program sudah jelas dalam arti mudah dibaca namun masih ada
beberapa yang perlu dibenahi, karena komposisi warna antara latar belakang dan
tulisan kurang tepat.
f. Media pembelajaran yang dibuat cukup menarik namun penerapannya
dibutuhkan dana yang besar menjadi kendala untuk diterapkan dalam proses
pembelajaran.
Setelah melalui tahapan-tahapan yang
cukup panjang dari perancangan program sampai dengan penerapan dalam proses
pembelajaran disekolah, akhirnya peneliti menarik beberapa kesimpulan dari
program yang telah dibuat tersebut. Adapun kelebihan dan kekurangan dari
program ini, yaitu sebagai berikut:
a. Kelebihan Program
· Program ini disertai dengan gambar, animasi, simulasi yang membuat tampilan lebih menarik, interaktif, atraktif, dan praktis.
· Program dilengkapi program aplikasi berbasis Delphi yang dapat digunakan menyesuaikan soal matematika beserta dengan langkah-langkah untuk mendapatkan penyelesaiannya.
· Program ini dapat digunakan tanpa harus menginstall software Delphi terlebih dahulu, jika telah disimpan dalam file.
b.
Kekurangan Program
· Untuk membuat aplikasi media
pembelajaran yang berbasis Delphi, programmer mutlak harus memiliki kemampuan
dasar pemrograman Delphi dan cukup rumit dalam proses pembuatannya.
·
Proses pembuatan aplikasi media
pembelajaran ini dibutuhkan waktu yang cukup lama.
·
Sulit melakukan editing dalam
program ini, khusus aplikasi yang berbasis Delphi.
·
Untuk memanfaatkan program di
kelas memerlukan biaya yang tinggi, yaitu LCD, komputer, dan lain-lain.
5. Daftar Pustaka
Abidin,
Zaenal. 2003. Media Dan Sumber-Sumber
Belajar. Surakarta: UMS Press.
Ariyuana, Rosihan. 2006. Modul Praktikum Visual Programming .Surakarta:
Laboratorium Computer Matematika UMS.
Harjito,
Bambang. 2006. Pengantar Ilmu Komputer.
Surakarta: FMIPA UNS.
Hartono,
Jogiyanto. 2000. Pengenalan Komputer.
Yopgyakarta: ANDI Offset.
Matcho,
John. 1997. Panduan Penggunaan Delphi.
Yogyakarta: ANDI Offset.
Pusat
Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Matematika. Jakarta: Balai Pustaka.
Sadiman,
Dkk.. 2002. Media Pembelajaran.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rubiyanto,
dkk. 2004. Landasan Pendidikan.
Surakarta: UMS Press.
Sutrisno,
Sulis. 2005. Aku Ingin Menjadi Ahli
Matematika. Tangerang: Kawan Pustaka.
Wijaya,
Adi. 2005. Kesiapan Guru Dalam Memanfaatkan
Computer Sebagai Media Pembelajaran Matematika Disekolah Menengah.
Yogyakarta: Widyaiswara PPPG. Matematika.
1 komentar:
delphi seperti PPT bukan?
Posting Komentar