Selasa, 23 Oktober 2012

Konstruksi Lingkaran Dalam Segitiga Menggunakan Software GeoGebra


Cara melukis lingkaran dalam segitiga dengan menggunakan software GeoGebra, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1.   Melukis sembarang segitiga.
Pada menu Toolbar, membuat sebuah segitiga sembarang dengan menggunakan Tool polygon, yaitu dengan membuat 3 titik ABC dengan titik penutup di A.





















2.  Melukis garis bagi segitiga yang terbentuk pada langkah (1).
Untuk melukis garis bagi menggunakan Tool Angle Bisector untuk membagi sudut dalam segitiga menjadi dua sama besar. Misal membagi sudut ABC dengan meng-klik titik A, kemudian titik B, dan terakhir titik C, menghasilkan garis bagi d. Ulangi langkah tersebut untuk membuat garis bagi lainnya.



















3.  Mencari titik perpotongan antara garis-garis bagi yang terbentuk pada langkah (2).
Mencari titik perpotongan, yaitu titik D menggunakan Tool Intersect Two Objects dengan mengklik dua garis bagi, misalnya garis d dan e.


4.  Melukis garis tegak lurus titik yang terbentuk pada langkah (3) dengan garis yang membentuk segitiga ABC.
Membuat garis tegak lurus titik D dengan garis AB menggunakan Tool Perpendicular Line dengan mengklik titik D dan garis AB, menghasilkan garis g.


















5.  Mencari titik perpotongan garis yang terbentuk pada langkah (4) dengan garis yang membentuk segitiga ABC.
Mencari titik perpotongan garis g dengan garis AB menggunakan Tool Intersect Two Objek dengan mengklik garis g dan garis AB, menghasilkan titik E.



















6. Langkah terahkir membuat lingkaran dalam segitiga ABC menggunakan Tool Circle With Center Through Point dengan titik tengah lingkaran di D dan diakhiri di titik E.

Untuk mempercantik tampilannya bisa menghilangkan garis yang tidak diperlukan dengan mengklik kanan garis tersebut lalu pilih Show Object. Dan menghubungkan titik D dengan titik E menggunakan Tool Segmen Between Two Point.
Seperti gambar dibawah ini :
Hasil Akhir

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates