Minggu, 30 September 2012

Review Jurnal

Peringkas - NIM
Rif’atul Musyarrofah Fauziah – 1001125152
Tanggal
30 September 2012
Topik
Pembelajaran Matematika Menggunakan Software


PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN SOFTWARE DELPHI DAN POWER POINT PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN
Ali Murtadlo

Abstrak
Siswa dan guru pada umumnya memiliki beberapa kesulitan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Penulis memandang diperlukan suatu media pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Ketidak jelasan materi yang diajarkan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Komputer adalah salah satu media yang interaktif, dimana siswa memiliki kesempatan untuk berinteraksi, sehingga diperlukan suatu program media pembelajaran matematika berbantuan komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu program dengan menggunakan Power Point dan Delphi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan lingkaran. Penggunaan gambar dan animasi dari Software Power Point dibuat suatu media pembelajaran matematika yang komunikatif dan menarik, serta pemanfaatan software Delphi dibuat program untuk menentukan solusi dari soal yang berkaitan dengan lingkaran. Diharapkan media ini dapat meringankan beban siswa dalam belajar lingkaran. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, yang ditindak lanjuti dengan perancangan program. Kemudian pengujian program dilakukan dengan wawancara untuk mengetahui performance program dan kesahihan program. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran komputer yang dapat digunakan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran. Bagi siswa dapat belajar lebih mandiri, dan bagi guru sebagai salah satu variasi metode pembeljaran matematika.


1.       Latar Belakang
Disadari atau tidak, matematika telah memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Selain matematika merupakan satu pelajaran penting, matematika dimata para siswa dianggap sebagai satu mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari dan dianggap sebagai pelajaran yang membosankan. Salah satu faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, karena penyampaian materi pelajaran yang kurang menarik dan bervariasi sehingga siswa merasa jenuh.
Salah satu cara untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menghadirkan media pembelajaran. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat, guru memiliki banyak alternativ pilihan media pembelajaran, salah satunya yaitu media pembelajaran berbantuan komputer.
Ada banyak pilihan program-program komputer yang dapat digunakan sebagai alat bantu mengajar. Program-program aplikasi yang biasa dipergunakan diantaranya program pengolah kata seperti Ms Word, program pengolah angka seperti Ms Excel atau program untuk presentasi seperti Ms Power Point. Selain program-program tersebut, yang biasanya selalu tersedia dalam setiap komputer, ada satu program yang menarik untuk dijadikan sebagai alat bantu mengajar yaitu Delphi.
Software Delphi merupakan pengembangan dari Pascal atau Turbo Pascal, Delphi merupakan program aplikasi database berbasis Windows yang dikembangkan oleh Borland. Kelebihan-kelebihan Delphi antara lain memiliki kemampuan seperti kompilasi yang cepat, dukungan terhadap database yang sangat baik, dan sangat dekat sekali dengan pemrograman windows beserta teknologi komponen-komponennya. Delphi juga mempunyai kemampuan menggunakan bahasa SQL yang merupakan bahasa query yang andal. Kelebihan-kelebihan tersebut yang menjadi salah satu alasan peneliti memanfaatkan program Delphi guna merancang media pembelajaran matematika pada penelitian ini.

2.       Subyek dan Metode
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII semester genap dan guru matematika MTS AZIZ Kluwan, Penawangan – Grobogan tahun pelajaran 2007/2008. Dalam hal ini bertindak sebagai subyek penelitian yang mana dari siswa dan guru tersebut kitra akan mendapatkan data yang akan diolah menjadi sebuah kesimpulan, beberapa siswa dan guru matematika kelas VIII akan dimintai pendapatnya mengenai media pembelajaran berbasis komputer. Sedangkan peneliti dalam hal ini bertindak sebagi pewawancara.
Peneliti dalam penelitian ini menggunakan wawancara untuk memperoleh informasi dengan mengajukan kepada informan, dimana pertanyaan-pertanyaan tersebut telah disiapkan san dibuatkan kerangka secara sistematis. Pertanyaan dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan data, sehingga dapat menggali informasi secara mendalam dan obyektif. Teknik ini ditujukan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan pendapat guru mengenai media pembelajaran matematika berbantuan komputer.

3.       Hasil
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapat beberapa hasil analisis adalah sebagai berikut:

a.       Substansi materi pelajaran yang ada pada program

      Sudah cukup baik karena sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

b.       Kedalam materi dalam program

      Materi yang ada dalam program disampaikan dengan jelas dan ringkas.

c.       Pesan/isi untuk menanamkan konsep kepada siswa
     Menurut pendapat guru yang diwawancarai, pesan/isi program media pembelajaran tersebut secara umum sudah cukup jelas, tetapi pada bagian tertentu perlu adanya penjelasan tambahan oleh guru kepada siswa. Misalnya pada soal cerita yang berkaitan dengan materi lingkaran.
d.       Pengoprasian dan editing
   Pengoprasian program cukup mudah tetapi bagi yang kurang menguasai komputer maka akan mengalami kesulitan jika harus melakukan editing.
e.       Kejelasan teks, gambar
    Teks yang ada dalam program sudah jelas dalam arti mudah dibaca namun masih ada beberapa yang perlu dibenahi, karena komposisi warna antara latar belakang dan tulisan kurang tepat.
f.   Media pembelajaran yang dibuat cukup menarik namun penerapannya dibutuhkan dana yang besar menjadi kendala untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

4.       Kesimpulan
Setelah melalui tahapan-tahapan yang cukup panjang dari perancangan program sampai dengan penerapan dalam proses pembelajaran disekolah, akhirnya peneliti menarik beberapa kesimpulan dari program yang telah dibuat tersebut. Adapun kelebihan dan kekurangan dari program ini, yaitu sebagai berikut:

a.       Kelebihan Program
·   Program ini disertai dengan gambar, animasi, simulasi yang membuat tampilan lebih menarik, interaktif, atraktif, dan praktis.
·    Program dilengkapi program aplikasi berbasis Delphi yang dapat digunakan menyesuaikan soal matematika beserta dengan langkah-langkah untuk mendapatkan penyelesaiannya.
·    Program ini dapat digunakan tanpa harus menginstall software Delphi terlebih dahulu, jika telah disimpan dalam file.

b.       Kekurangan Program

·  Untuk membuat aplikasi media pembelajaran yang berbasis Delphi, programmer mutlak harus memiliki kemampuan dasar pemrograman Delphi dan cukup rumit dalam proses pembuatannya.

·      Proses pembuatan aplikasi media pembelajaran ini dibutuhkan waktu yang cukup lama.

·      Sulit melakukan editing dalam program ini, khusus aplikasi yang berbasis Delphi.

·      Untuk memanfaatkan program di kelas memerlukan biaya yang tinggi, yaitu LCD, komputer, dan lain-lain.


5.      Daftar Pustaka
Abidin, Zaenal. 2003. Media Dan Sumber-Sumber Belajar. Surakarta: UMS Press.
Ariyuana, Rosihan. 2006. Modul Praktikum Visual Programming .Surakarta: Laboratorium Computer Matematika UMS.
Harjito, Bambang. 2006. Pengantar Ilmu Komputer. Surakarta: FMIPA UNS.
Hartono, Jogiyanto. 2000. Pengenalan Komputer. Yopgyakarta: ANDI Offset.
Matcho, John. 1997. Panduan Penggunaan Delphi. Yogyakarta: ANDI Offset.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Matematika. Jakarta: Balai Pustaka.
Sadiman, Dkk.. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rubiyanto, dkk. 2004. Landasan Pendidikan. Surakarta: UMS Press.
Sutrisno, Sulis. 2005. Aku Ingin Menjadi Ahli Matematika. Tangerang: Kawan Pustaka.
Wijaya, Adi. 2005. Kesiapan Guru Dalam Memanfaatkan Computer Sebagai Media Pembelajaran Matematika Disekolah Menengah. Yogyakarta: Widyaiswara PPPG. Matematika.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

delphi seperti PPT bukan?

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates